Ordo Dermaptera

Mencakup Insekta kecil sampai dengan yang berukuran cukup besar. memiliki antena yang panjang dan ramping. Sayap depan mengeras (elyptra), sayap belakang oval seperti selaput (membran) terlipat. Pada waktu istirahat, sayap belakang terkatup oleh elytra. tarsi beruas tiga, abdomen berakhir sebagai sepasang forsep (cerci) yang mneonjol. Alat mulut untuk mengunyah. Metamorfosis tak sempurna (gradual). makan tanaman hijau atau insekta lain. hidup bersembunyi di celah celah.

Forficula auricularia
biologi dermaptera

Deskripsi. umumnya tubuh berwarna coklat, ukuran dapat tumbuh hingga mencapai  17 mm. Sayap belakang  berkembang dengan baik, meskipun memiliki sayap spesies ini tampak enggan untuk terbang.

Biologi. Ditemukan di berbagai habitat yang berbeda dan aktif malam hari (nocturnal). Pada siang hari mereka bersembunyi di celah-celah sempit diantara bebatuan. Sering masuk kedalam rumah dengan merangkak melalui celah-celah kecil di sekitar pintu dan jendela yang terbuka. Memakan hewan dan tumbuh-tumbuhan, Induk betina melakukan perwatan untuk telur dan nimfa muda. jumlah telur 20-50 butir yang diletakkan di dalam tanah. Siklus hidup penuh membutuhkan waktu setahun. Fungsi penjepit di ujung perut tidak diketahui secara pasti. Ketika merasa terancam, bagian perut akan diangkat ke atas dan penjepit terbuka lebar.

Distribusi. Umum dan luas di seluruh Eropa, termasuk Kepulauan Inggris, Amerika Utara dan Selandia Baru.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s