Ordo Thysanura

Insekta ini berukuran kecil (panjang hanya mencapai 30 mm), terestrial, tidak bersayap, antena panjang, kaki dengan tarsus yang beruas 2 atau 3. Alat tambahan yang panjang ada 3 buah pada abdomen. dalam hal bentuknya, alat tambahan yang ditengah serupa dengan cerci lateral. Contoh : kutubuku (silver fish = Lepisma saccharina), yang memakan zat pati dari buku atau pakaian. Thermobia domestica, kutu api, terdapat dalam celah-celah dinding cerobong atau tungku dapur, tobong, dan sebagainya.

Ciri-ciri mempunyai ekor yang berbul. Tubuh pipih, panjang, tertutup sisik dan tidak bersayap, antenna terdiri atas 11 ruas, ujung abdomen (perut) belakang mempunyai 3 ekor yang ramping.
Habitat dibarang-barang bekas, didedaunan yang mulai membusuk, buku pakaian, kertas, di bawah kayu dan batu serta di lingkungan yang gelap dan lembab.

Lepisma saccharina

Lepisma saccharina

Deskripsi. ukurannya dapat mencapai 10 mm, permukaan kulit mengkilap, memiliki sisik berwarna perak.

Biologi. Merupakan serangga yang biasa ditemukan di daerah beriklim hampir selalu berhubungan dengan tempat tinggal manusia. Ia hidup dalam gelap, lembab di sudut dapur, gudang, lemari dan rak buku perpustakaan, biasanya serangga ini memakan potongan-potongan kecil sampah, debu, kertas, kain, kulit, pasta, tepung, gula dan setiap jenis lain dari bahan tepung. aktif di malam hari, sehingga keberadaannya sering tak disadari. Siklus hidup cukup panjang, memakan waktu sekitar sekitar 3 tahun untuk mencapai dewasa kemudian dapat melanjutkan hidup lebih dari 5 tahun.

Distribusi. Bangunan di dalam kosmopolitan. terdapat di luar rumah di daerah yang lebih hangat.

Thermobia domestica

Thermobia domestica

Deskripsi. ukuran bisa mencapai 14 mm, tertutup oleh sisik kecoklatan pucat dan gelap memberikan penampilan berbintik-bintik. Selain pewarnaan, dapat dibedakan dari Lepisma saccharina dengan antena yang lebih panjang serta dapat ditemukannya Cerci (filamen ekor lateral).

Biologi. Hidup dalam bangunan, biasanya di tempat-tempat yang sangat hangat. insekta ini memakan sisa tepung, gula dan bahan-bahan karbohidrat lainnya. Terutama aktif pada malam hari dengan siklus hidup yang sama dengan Lepisma saccharina.

Distribusi. daerah perkotaan, di dalam bangunan hangat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s